25 Desember 2014

Kebodohan dan Ketidaktahuan

Apa bedanya ketidaktahuan dan kebodohan?
Ketidaktahuan adalah tidak tau.
Kebodohan adalah tidak tau dan tidak mencari tau, melakukan sesuatu yang berbahaya, tidak baik, padahal dia mengetahui dan bisa membedakan mana yang baik atau buruk, disini tidak usah menyebut agama, manusia terlahir dengan akal, dan dengan akal manusia bisa mengetahui mana yang baik atau mana yang buruk. Bodoh tidak dinilai dari ranking berapa dia disekolah, dia cacat mental, dll.
Aku ingin menjadi manusia yang baik, manusia yang tidak sombong, memberikan pendapat cerdas ku ke orang-orang dengan jujur, karena mereka membutuhkannya, mereka butuh mengetahui fakta. Mereka yang membutuhkannya adalah orang-orang yang telah dimanjakan dengan pendapat-pendapat orang yang penuh kebohongan.
Mengapa manusia berbohong? Karena manusia yang telah dibodohi dunia sosial dan akalnya sudah rusak pasti merasa butuh dan hanya mendengar apa yang ia ingin dengar. Kurasa itulah sebabnya banyak orang-orang bermuka dua.
Sedangkan aku, aku hanya ingin jujur.
Yang punya pemikiran sepertiku pasti bukan hanya aku :) Aku tau diantara kalian pasti ada yang berpendapat dengan aku. Aku sudah berdikusi dengan beberapa orang tentang ini.
Kesimpulannya, manusia takut dengan apa yang tidak dia ketahui, manusia takut dengan apa yang tidak dia mengerti, dan kadang manusia itu terlalu pesimis dan terlalu takut untuk mencoba memahami apa yang mereka tidak pahami. Dan seharusnya manusia itu saling mendukung, saling mengingatkan satu sama lain, tidak dengan cara meledek, menyinggung, dll.
Sudah selesai berfikir? :) Tinggalkan komentar sopan kalian yah!

12 Agustus 2014

Yuk Kita DETOX tubuh kita !

LET'S THROW UP THE BAD INSIDE OUR BODY !


Detoks adalah cara yang populer untuk memurnikan dan membersihkan tubuh secara internal yang bisa membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Dengan melakukan detoks, kamu bisa dapat tubuh yang lebih sehat dan juga mencuci keluar racun dari sel-sel. Jika kamu mau mengikuti diet detox khusus, pastikan kalau makanan yang akan kamu konsumsi memiliki banyak serat dan juga kamu harus banyak minum air putih.

Terkadang pola makan dan gaya hidup kita sekarang dapat memberikan dampak negatif ke tubuh kita, bayangin aja, kita setiap hari dikelilingi restoran-restoran junk food, kadang begadang cuma buat maraton nonton film korea atau anime, dan dampaknya itu tidak hanya bisa dilihat dalam jangka waktu panjang, tapi juga bisa dalam waktu pendek. 

Oleh sebab itu, gak ada salahnya kamu-kamu ngejalanin detox untuk your future investment juga, buat jaga kesehatan, kalau kata Billy Boen, buat apa sukses tapi sakit?


WHY YOU SHOULD DETOX?

Jawab pertanyaan di bawah ini, 

  1. Apa kamu sering keluar ingus (sinus) ?
  2. Apa kamu sering sakit di ulu hati?
  3. Apa kamu sering tidak lancar haid?
  4. Apa kamu sering mengkonsumsi C.R.A.P. FOOD , junk food , gorengan, minuman berkarbonasi?
  5. Apa kamu menyukai makanan manis, teh manis, susu manis?
  6. Apa sering migrain?
  7. Apa kamu sering kunang-kunang?
  8. Punya alergi?
  9. Sering lemas?
  10. Tidur tidak teratur?
  11. Punya penyakit liver?
Jika jawaban kamu mayoritas IYA, berarti anda HARUS mulai detox dari sekarang!


Tenang tenang.... Nana ada Tips nya nih ...

Nah ini dia beberapa tips sehat untuk detox yang dilansir oleh health me up

  • JANGAN MENGKONSUMSI ALKOHOL
Cara sehat untuk detoks bisa dilakukan pada awalnya dengan mengehentikan kebiasaan buruk kita, ya salah satunya itu mengkonsumsi alkohol. Sering mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar racun di dalam tubuh, juga dapat merusak hati. :( Apa enaknya sih minum alkohol? (Nana belum pernah coba)
  • MAKAN MAKANAN YANG BERSERAT
Serat itu bagus banget buat penceraan kita loh, serat itu merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan detox. Ganti nasi putih jadi nasi merah, konsumsi biji-bijian kaya flakeseeds, quinoa, oat, makan kacang almond, makan satu cup sayur setiap jam makan. Selain bisa ngelanjarin BAB kita, bisa untuk membersihkan usus, menurunkan kadar kolesterol.

  • HINDARI GULA
Gula dan bahan pemanis lainnya.... itu jahat :( Baik sih kalau dalam takaran wajar... Kenapa? Gula itu karbohidrat simpel.. di makan langsung jadi kalori, cepet masuk ke dalam darah, dan kalau gak kepake jadi energi ya jadi timbunan lemak. Bikin diabetes, bikin gendut, bikin jerawatan. Lebih baik sih ganti gula kamu sama daun stevia, daun stevia itu walaupun maniiiiss banget, tapi gak mengandung kalori sama sekali! Jadi aman ;) Selain itu kan karbohidrat udah di dapat dari nasi, roti, ubi-ubian...jadi ngapain minum air berasa lagi?

  • JANGAN LEWATKAN JADWAL MAKAN
Hm... mungkin kamu-kamu pernah mikir, pengen kurus ah gak makan malam aja deh, atau ah gak sarapan deh nanti siang kan makan besar. Nah yang kaya gini malah gak bisa bikin kurus loh.. Melewatkan jadwal makan bisa bertambah gemuk!! Akan lebih baik kalau kamu bikin jadwal makan 3 makan besar 3 cemilan ... Cekidot deh di www.duniafitnes.com Om Denny Santoso ahli pakar diet menganjurkan makan sampai 5-6 kali sehari. Dengan porsi kecil tapi sering. Itu bisa meningkatkan metabolisme tubuh loh.. Jangan lupa makan makanan dengan gizi yang lengkap ya guuyss.



  • HINDARI LEMAK JAHAT
Jangan pikir kalau semua lemak itu jahat, ada yang baik kok.. alpuket, almond, pistachio, minyak zaitun... itu baik . Hindari mengkonsumsi margarin, gorengan, segala yang di goreng2, ayam goreng, kentang goreng, nasi goreng, HINDARI.

  • MAKAN MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN
Protein punya banyak manfaat untuk memperbaiki jaringan yang rusak, membentuk otot, dll. Kalian bisa konsumsi iklan salmon panggang, tahu, tempe, dada ayam tanpa lemak,quinoa, dll.

  • ISTIRAHAT YANG TERATUR
Makan dengan benar penting ketika melakukan detoksifikasi, tetapi kamu juga perlu istirahat, bersantai, me-re-charge .... Coba istirahat di sore hari sambil mendengarkan musik favorit kamu dan coba atur jadwal tidur kamu, jangan lebih dari jam 10 agar bisa bangun lebih awal buat olahraga atau siap-siap beraktivitas ;)

  • OLAHRAGA
Berolahraga dan melakukan latihan penting untuk detoksifikasi. Aktivitas fisik dapat mencegah penyakit datang, dan meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kelelahan, kelesuan dan memberikan melakukan aktivitas sehari-hari.

  • GUNAKAN CARA YANG SEHAT, ALAMI, DAN MUDAH


Makan sayuran organik, makan buah-buahan, hindari GMO, olahraga minimal 3 x seminggu, hindari C.R.A.P. Food, hindari obat-obatan kimia dulu, kalau diminum yah sama aja makan racun dong! banyak kok bahan alami untuk mengobati penyakit... cari resep smoothie, cari resep sehat, belanja ke pasar! banyak sayuran organik dan murah! Jangan ngeribetin diri sendiri deh, jangan banyak alasan buat mulai hidup sehat, toh ini bukan buat orang lain, buat diri kamu sendiri, mau kan panjang umur? Kan enak kalau panjang umur, siapa tau zombie apocalypse itu beneran XD NAH jangan lupa hindari pikiran negatif atau over thinking.


Sekian.

Keep in touch with me
Twitter @NanaChuuw
Instagram NanaChuuw

COMMENT & SHARE


10 Juni 2014

Sun , Childhood, and Dreams

"Childhood is the best season of life"

When i'm going to sleep, i just randomly remembered about my childhood. A beautiful, full of imaginations, colorful, happy, embarassing moments in time. So i just want to share this to you all, i think that my childhood is interesting (wink)


Hal yang pertama aku ingat tentang masa kecil ku itu ketika aku tidur bersandar di bawah sekumpulan pohon  sirih yang merambat sehingga membentuk kubah, yang disebut markas oleh aku, sepupuku Dita, dan Ayu kakak perempuanku, terlihat cahaya matahari masuk melalui celah dedaunan, sesekali kita mencabut bakal daun sirih dan meniupnya seperti peluit. Dihari itu kami bercerita banyak hal, dimulai dari mengarang cerita tentang anak geng sebelah, sampai membuat wish-list apa saja yang akan dibeli di BB (Bursa Buku, Toko Buku semacam Gramedia di Sukabumi) . Kami anak yang senang berimajinasi, sampai hal yang paling kita tunggu-tunggu ketika bermain adalah cegerigitaga (baca:cerita) , yah cerita ... i mean cerita itu semacam mendongeng khayalan kita, khayalan yang inginnya terwujud dalam waktu dekat dikehidupan nyata, hehe :) 

Di masa kecilku, untuk bahagia itu sederhana, sesederhana kita melompat-lompat ke bayangan satu ke bayangan lainnya untuk mengindari sinar matahari, lalu terpingkal-pingkal. Atau merendam kaki kita ke selokan kotor berlumut, i used to be like that when i was a kid :D

Satu hal yang membuatku sangat bersyukur memiliki masa kecil seperti itu adalah, aku terdidik untuk menjadi mandiri, aku terdidik untuk selalu bermimpi, aku terdidik untuk selalu bersyukur, aku terdidik untuk selalu berusaha.....

Banyak sekali momen-momen tidak terlupakan, seperti ketika aku dan Dita bermain doraemon adventure sembari dengar lagu Eternal Flame - Bangles , ah masa-masa yang sangat menyenangkan :)

Dan momen yang aku tidak akan lupakan adalah ketika liburan kenaikan kelas, aku, Ayu, Dita, dan Kemal memutuskan untuk berjualan, kami memecahkan celengan dan terhitung isinya ada 23.000 , cukup untuk modal beli pop ice , telur, terigu, bawang daun, dan masako. Lalu kami berjualan seadanya di rumah emak, nenek kami. Dan yang datang itu adalah anak-anak tetangga. Mereka suka sekali telur dadar yang kami jual! Sejak saat itu, aku bermimpi suatu saat harus menjadi pengusaha, harus mempunyai kafe.

Aku terlahir dikeluarga yang sangat sederhana, maka dari itu aku harus berusaha untuk tidak menjadi beban orang tua, atau setidaknya sedikit-sedikit meringankan beban orang tua. Hal tersebut juga menjadi salah satu pemicu saya untuk terus berjuang mengumpukan modal untuk mendirikan kafe, memiliki usaha sendiri, jadi pengusaha muda yang dermawan. Memiliki mobil, rumah, dll.

Nah, itulah kenangan di masa kecil ku, masa kecil bisa adalah salah satu penentu bagaimana paradigma kita, cara pikir kita, dan kepribadian kita ;)

Bagaimana dengan masa kecilmu ?

kunjungi juga blog sepupuku, sahabatku, partner bisnis, dan sekaligus motivatorku Adita Dyah Asokawati

Keep in Touch with me 
Twitter @Nanachuuw
Instagram nanachuuw

8 Juli 2013

Cara Mengatasi Malas Menulis

Bagi calon penulis terkenal kayak gue (ceilah) menulis itu harus dijadikan suatu kewajiban setiap harinya. Kayak ibadah, wajib hukumnya. Dan kalau dilanggar, kita mendapatkan dosa. Gue biasanya menulis setiap hari. Sedang ada atau tidak ada lomba tetap menulis, selain hitung-hitung sebagai latihan untuk menambak skill, kan lumayan kalau ada lomba menulis jadi tidak terlalu repot. 

Dan kendala bagi gue itu adalah ketika gue gak mood menulis! Imajinasi kita itu serasa stuck. Pikiran jadi buntu. Tapi itu masih bisa diakalin dengan denger musik, baca-baca buku inspiratif, atau refreshing sejenak.

Tapi... kalau lagi emang males menulis ? Maleeees banget... padahal Dead Line itu tinggal 2 minggu lagi sedangkan gue baru nulis beberapa chapter. Kan gawat ?! Yah itulah... Males menulis... padahal kita sudah memiliki target sendiri.

Entah timbul rasa males itu datang dari mana. Padahal mood sudah dapet. Ide sudah ada. Tapi males saja bawaannya. Itu kenapa ya ? Oh gue tau. Jangan-jangan ada yang namanya setan malas menulis. Jadi dia membisikan ke hati nurani kita agar berpaling dari menulis. Misalnya social media. Atau malah baca novel lain.

Cara mengatasi males menurut gue :
1. Rencanakan. Pikirkan dulu apa yang mau lu tulis, setelah kepikiran baru rencanakan kapan Lu bakal nulis.
2. Pastikan Badan Bersih. Kulit itu berpengaruh dengan mood dan pikiran, jadi mendingan Lu mandi deh sebelum nulis. Kulit nyaman, inspirasipun jalan terus.
3. Denger Musik. Siapkan playlist lagu yang gak memungkinkan Lu bakal ikutan nyanyi. Karena kalau lu hapal lirik dan keasikan nyayi, yakin deh apa yang lu tulis bakal lupa+stuck disitu-situ aja.
4. Siapkan Camilan. Camilan bisa meningkatkan mood gue biasanya :p Secangkir kopi atau teh juga cocok buat nulis
5. Siapkan Tempat Untuk Menulis. Kalau gue sih ngaruh banget tempat sama menulis itu. Kalau tempat yang kita pakai buat menulis itu banyak gangguan, biasanya gak akan konsen menulis. Bahkan tergoda untuk melakukan hal selain menulus. Kalau gue sih gak akan bisa konsen nulis siang bolong di rumah. Gue biasanya nulis malem-malem pas orang rumah lagi pada tidur. Atau gue sengaja dateng ke kafe / kedai kopi yang cozy buat nulis. 

Itu aja sih menurut gue :p Siapa tau bisa diterapin buat orang banyak.

Yang pasti motivasi diri sendiri itu penting banget. Tetap semangat dan percaya bahwa tulisan kamu itu akan menjadi masterpiece !

Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau dari kepulauan seribu. Letaknya gak jauh dari pelabuhan tanjung pasir. Pulaunya cukup cantik, memiliki fasilitas hiburan yang lumayan lengkap, dan biayanya pun tergolong murah !

Saya sudah dua kali mengunjungi pulau ini. Untuk pertama kali tidak terlalu berkesan karena pantai penuh dengan pengunjung, jadinya crowded, banyak sampah. Tapi yang kedua kalinya saya terkesan, karena bukan tanggal liburan jadi pulaunya sepiiii banget. Pantainya pun jadi bersih, dan airnya masih bening. Saya kesana sama keluarga besar + karyawan pabrik nyokap.



Cara menuju ke pulau untung jawa itu gampang. Pertama datang ke Pelabuhan Tanjung pasir, dan naik perahu nelayan tujuan Pulau Untung Jawa bayarnya cuma 20 ribu rupiah. Agak serem naik perahu nelayannya, soalnya cuma pake kayu sama bambu tipis. Dan sekitar 20 menit udah nyampe ke pulaunya. Disana kalau nginep mending pake jasa travel, selain jadi lebih murah, juga lebih mudah sih ... heheheh...


Nah fasilitas hiburannya ada donat boat, banana boat, sama snorkling. Harga naik banana boat sama donat boat cuma 20 ribu per orang. Kalau snorkling 50 ribu, udah sama peralatan snorkling! Makanannya pun, ajigile sampe gak muat deh perut, makanannya banyak, enak, sayangnya seafood. Saya gak makan. Tapi kalau keluarga saya lahap bener makannya!


Kesan saya di Pulau Untung Jawa itu : sakit ! Saya kejedot, pas naik banana boat . Entah kejedot siapa, yang jelas kepalanya itu keras banget. Dan alhasil kepala Saya benjol ... :( Not bad lah liburan di pulau untung jawa seru asal sama temen-temen yang seru, tergantung orang menikmatinya dan mensyukurinya atau engga ^^ Pulau untung jawa juga enak kalau malem-malem, sepi, dan banyak angin. Cocok buat yang lagi galau pengen merenung :p



Tip: Jangan dateng pas ada angin barat... Banyak sampah yang keseret angin menuju pantai.